inflasi dan penghasilan by PPAT Lumajang

INFLASI DAN PENGHASILAN

Inflasi adalah penurunan nilai tukar uang dikarenakan kenaikan harga barang / jasa.

Data pemerintah rata-rata inflasi Indonesia 5 tahun terakhir sekitar 5% setahun. Tapi kenyataan yang kita rasakan adalah harga-harga barang kebutuhan kita rata-rata naik 10% setiap tahun.

Jika kita punya uang dan disimpan senilai Rp. 10.000.000 sekarang, maka 5 tahun kemudian nilai tukar uang kita menjadi Rp. 5.905.000. Artinya jika kita belanjakan uang Rp. 10.000.000 itu akan mendapat barang barang berkurang 40% dibandingkan dengan jumlah barang yang kita bisa dapatkan sekarang karena harga barang naik 10% setiap tahun. Artinya angka uang tetap tapi nilai tukar berkurang.

Bagaimana jika penghasilan anda tetap dan tidak ada kenaikan setiap tahun? Jika angka penghasilan anda tidak naik setiap tahun sama dengan nilai penghasilan anda turun setiap tahun.

Penghasilan harus naik setiap tahun minimal sesuai dengan inflasi agar kebutuhan finansial dan kesejahteraan anda tetap seperti sekarang. Jika anda ingin kesejahteraan hidup anda lebih dari sekarang maka penghasilan anda harus meningkat lebih besar dari angka inflasi.

Sudahkah penghasilan anda meningkat setiap tahun melebihi angka inflasi ?

=========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar